Aplikasi-aplikasi Menyambut Ramadhan Untuk iPhone

Beberapa hari yang lalu Apple menerbitkan laman The Month of Ramadan di iTunes untuk para pengguna iPhone. Laman yang khusus dibuat untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Berisi tentang aplikasi-aplikasi pilihan yang berguna selama bulan Ramdhan. Aplikasi-aplikasi ini disortir menjadi 2 bagian, ‘Ramadan Starter Kit’ dan ‘Health & Nutrition’. Kali ini Angin Segar akan mereview aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam daftar Ramadan Starter Kit.

1. Muslim Pro

Apps-MuslimPro-Prev

Aplikasi ini sudah pernah kami review sebelumnya, saat masih dalam versi 6.6. Muslim Pro kini sudah keluar versi terbarunya. Pada tanggal 10 Juni kemarin mereka menerbitkan versi 7.1 yang khusus untuk menyambut bulan Ramadhan. Selain menambahkan kartu-kartu ucapan yang bertema bulan Ramadhan, Muslim Pro kini tampil dengan wajah baru. Tampilan menu utamanya lebih segar dengan menggunakan gaya desain flat minimalis yang modern. Menu Prayers kini lebih lucu dengan ditambahkannya animasi pergerakan matahari di bagian atasnya. Menu Qibla juga tampil lebih keren dengan ditambahkannya peta dari lokasi Kamu berdiri ke arah kiblat di Ka’bah. Lalu, kini ada menu baru bernama Refernces, di dalamnya terdapat kumpulan doa-doa populer yang diambil dari buku Hisnul Muslim. Dan yang terakhir, aplikiasi ini tetap gratis. Kalau Kamu ingin mengupgradenya ke versi Premium, kini Kamu cukup membayar Rp 23,000 saja.

2. LittleMuslims

Apps-LittleMuslims-Prev

Ini adalah aplikasi permainan untuk anak-anak. Permainan ingatan menyamakan kartu dengan tema Islam. Aplikasi gratis buatan Muslim Australia ini cukup ringan dan menghibur. Cocok untuk mengisi waktu senggang selama bulan Ramadhan yang kini bertepatan dengan liburan sekolah si Kecil. Permainannya pun cukup mudah, sama seperti permainan menyamakan kartu yang lain. Hanya saja LittleMuslims ini temanya Islami. Ada kartu bergambar Ka’bah, Quran, Masjid, hijab, Zakat dan sebagainya. Uniknya, apabila kita berhasil menyamakan sepasang kartu, maka akan muncul penjelasan mengenai gambar yang ada pada kartu yang berhasil kita pasangkan tersebut.

3. HalalTrip

Apps-HalalTrip2-Prev

Nah.. Ini aplikasi yang cocok untuk Ramadhan tahun ini yang bertepatan dengan liburan sekolah. Cocok banget buat Kamu yang pengen liburan ke luar negeri. Sesuai dengan namanya, fitur utama aplikasi ini adalah untuk membantu kamu menemukan restoran yang menyediakan makanan halal. Menu ‘Halal Food Spotter’ sangat bermanfaat ketika kamu sedang berada di negara lain yang sulit untuk menemukan restoran halal ketimbang di negara sendiri. Kamu juga bisa mendaftar sebagai spotter supaya bisa berpartisipasi membagikan rekomendasi makanan halal yang kamu temukan.

Satu lagi menu yang bermanfaat saat bepergian adalah ‘Prayer times for your next flight’. Saat Kamu bepergian menggunakan pesawat dan memakan waktu cukup lama hingga melewati waktu sholat. Aplikasi ini akan membantu kamu mengingatkan kapan waktu sholat dan arah kiblat saat sedang berada di dalam pesawat, walaupun iPhone Kamu dalam keadaan offline.

4 menu lain yang ada dalam aplikasi ini, antara lain:

  • Can you reach the mosque? untuk menemukan lokasi masjid terdekat dilengkapi dengan jadwal sholat serta hitung mundur waktu sholat terdekat.
  • Travel Dua, kumpulan doa-doa saat bepergian dilengkapi dengan audio dan terjemah.
  • Travel Etiquettes, kumpulan artikel mengenai travelling bagi muslim.
  • Hotel Booking (Coming Soon)

Aplikasi ini gratis dan tersedia dalam 4 pilihan bahasa, Arab, Inggris, Bahasa Indonesia dan Malaysia.

4. iQuran Lite

Apps-iQuran-Prev

Ini adalah versi gratisan dari aplikasi iQuran. Sesuai dengan namanya, iQuran adalah Al-Quran dalam versi digital untuk iPhone. Dilengkapi dengan audio, terjemah, kode tajwid, bookmark serta pencarian perkata. Untuk versi lite ini Kamu hanya mendapat terjemah bahasa Inggris saja, audionya hanya tersedia dari Mahmoud Al Husary dan kode tajwidnya juga hanya tersedia di juzz 30 saja. Tapi kalau mau yang versi lengkap juga tidak mahal kok, kamu cukup membayar seharga Rp 23,000 saja. Di versi lengkap kamu akan mendapatkan terjemah bahasa-bahasa lain termasuk Indonesia serta auido dari beberapa Qori dan Imam teremuka dan kode tajwid pada semua Surat.

5. Ramadan 2015

Apps-Ramadan2015-Prev

Fitur utama aplikasi ini adalah alarm pengingat waktu sahur dan buka puasa. Secara otomatis akan menyesuaikan waktu pada lokasi kamu berada. Sangat berguna bagi kamu yang sedang bepergian. Aplikasi gratis ini didukung oleh database lebih dari 250 negara serta 6,000 kota di seluruh dunia. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan pilihan doa dan hadits yang berkaitan dengan bulan Ramadhan serta menu ’99 names of Allah’ yang berisi Asmaul Husna. Kaligrafi Asmaul Husna ditampilkan satu persatu dengan tampilan yang simple dengan dilengkapi terjemah dalam bahasa Inggris dan fitur audio.

OK. Itu tadi 5 aplikasi yang patut kamu miliki di iPhone untuk menemani Ramadhan Kamu tahun ini. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. maurin Reply

Reply