Barfi! Drama Cinta Pemuda Bisu

Siapa sih yang tidak tahu film Kuch Kuch Hota Hai? film asal Hindustani yang sempat menjadi buah bibir dan menembus tangga Box Office pada masanya. Apalagi diperankan oleh aktor dan aktris papan atas, seperti si tampan Shah Rukh Khan, Kajol dan Rani Mukerji yang aduhai. Sang sutradara, Karan Johar membuat film ini begitu fantastis, tema cinta yang terlihat kuno di tangannya menjadi luar biasa. Nah, berbicara masalah cinta dan film India yang luar biasa, kami punya rekomendasi film yang wajib ditonton nih, khususnya bagi Kamu penikmat film-film Bollywood. Yaitu BARFI!

Bersetting tahun 1970-an, Barfi (Ranbir Kapoor), seorang pemuda tunarungu dan tunawicara bertemu dengan gadis cantik. Shruti (Ileana D’cruz) yang baru saja pindah ke Darjeeling, dikarenakan bapaknya dipindah tugaskan ke sana. Dengan gayanya yang necis, cool dan lucu, Barfi berusaha mendekatinya namun sayang Shruti sudah bertunangan dengan pria lain. Tetapi, hal itu tidak membuat Barfi bergeming untuk tidak menjadi sahabat karibnya. Hingga, kebersamaan akhirnya membuat mereka semakin erat dan menuai buah cinta.

Barfi01

Barfi juga memiliki sahabat sejak kecil bernama Jhilmil (Priyanka Chopra) yang tinggal di Muskaan (sebuah yayasan untuk anak-anak luar biasa). Ia disebut autistik sejak kecil oleh orang-orang terdekatnya. Bapaknya yang gila judi dan ibunya yang senang menenggak alkohol tidak pernah peduli dengan kondisi anaknya itu. Hingga akhirnya mereka berdua menitipkannya ke yayasan anak-anak luar biasa. Sampai suatu ketika kakeknya yang sedang menghadapi masa-masa kritis meminta cucunya, Jhilmil untuk kembali dibawa pulang.

Di saat inilah Barfi bertemu kembali dengan Jhilmil. Gaya khasnya melempar sepatu ke langit-langit menjadi perhatian tersendiri bagi Jhilmil untuk mengenali sahabat kecilnya. Tidak heran dari sudut bibirnya lalu terucap nama ‘Barfi!’. Pertemuan yang singkat tapi memilki momen indah tersendiri untuk mereka berdua. Apalagi Jung Bahadur (Akash Khurana), ayahnya Barfi juga sudah bertahun-tahun bekerja dengan ayahnya Jhilmil sebagai supir, Barfi sering ikut dengannya. Jadi, sangat lekat perlakukan sahabat kecilnya di rumahnya itu.

Masalah mulai mencuat ketika kakek Jhilmil wafat, dikarenakan seluruh harta dan kekayaan diwariskan atas nama Jhilmil. Tidak terima akan hal itu, kedua orang tua Jhilmil lalu mengatur siasat yang jahat. Diawali dengan dipecatnya seluruh pembantu yang bekerja di rumahnya, termasuk Jung Bahadur, ayah Barfi. Lalu menghilangnya Jhilmil dan persengkongkolan dramatis yang membuat inspektur Dutta (Saurabh Sukla) sibuk menyusun teka-teki penculikan yang membingungkan. Sejak itu kasus aneh bermunculan. Dan, kisah cinta antara Barfi, Jhilmil dan Shruti baru saja dimulai. Dengan ketulusan, kesunyian dan kronologi cinta yang mengagumkan.

Barfi02

Di film ini Ranbir Kapoor (Sawariya, Rockstar) terlihat semakin matang berakting, murni dan sangat mendalami perannya sebagai pemuda yang bisu dan tuli tersebut. Tidak heran jika ia digadang-gadang akan menjadi superstarnya India di masa yang akan datang. Kemudian, sosok Jhilmil yang diperankan oleh aktris asal Jemshedpur, yakni Priyanka Chopra (Don, Fashion) sangat memorable, apik dan benar-benar berhasil memerankan seorang autistik. Lalu, artis pendatang baru, Ileana D’cruz, debut filmnya sebagai perempuan yang membuat Barfi klepek-klepek, Shruti Ghosh, sangat memukau.

Film yang disutradarai dan skenarionya ditulis langsung oleh Anurag Basu ini memiliki alur cerita yang unik. Eksekusi yang matang membuat penonton sulit menerka jalan ceritanya. Kita akan dibuat penasaran sepanjang film. Alur cerita dibuat maju-mundur, namun ditutup dengan twist yang mengena. Penggambaran cinta segitiga antara Barfi, Jhilmil, Shurti semakin mengharu biru karena dibangun dengan tone warna yang sedap. Sangat berhasil membuat penonton pilu, tersenyum, tertawa dan sesekali mengusap air mata.

Untuk sinematografi, jangan ditanya lagi. Sinematografer Ravi Varman berhasil memanfaatkan panorama Darjeeling dan Kolkata dengan baik. Setting tahun 1970-an dengan view angle yang unik akan membuat Kamu jatuh cinta. Bukan hanya dengan tingkah laku Barfi yang mengingatkan penonton oleh sosok Charlie Chaplin, tapi juga struktur kota, desa, pasar, sawah, restoran dan pegunungan nan hijaunya. Menyihir siapa pun yang menyaksikannya. Maka tidak heran kalau pada tahun 2012 Barfi! merajai Filmfare Awards di India sana. Barfi! masuk ke dalam 12 nominasi dan sukses membawa pulang 7 piala di antaranya, Film Terbaik, Aktor Terbaik dan Aktris Debut Terbaik.

Reply