Bukber Dari Berbagai Penjuru Bumi

Salah satu momen yang paling ngangenin di bulan Ramadhan adalah bukber. Pasti tahulah ya kalau bukber itu akronim dari buka puasa bersama. Inilah bukti bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan rahmat. Bulan di mana jalinan silaturahim kembali dipererat. Buka puasa bersama menjadi  satu agenda yang wajib. Menjadi ajang berkumpulnya kembali keluarga, teman kantor, teman kampus, teman sekolah hingga teman bermain saat masih kanak-kanak yang biasanya terpisah oleh jarak. Buka puasa bersama sangat mungkin mempertemukan kita walau hanya sekedar mampir makan.

Supaya makin kangen, supaya puasanya makin semangat. Berikut ini Angin Segar kasih Kamu inspirasi foto-foto saat-saat berbuka puasa bersama Ramadhan tahun lalu dari berbagai penjuru bumi. Lengkap dengan foto hidangan berbuka puasanya yang khas. Foto-foto ini adalah hasil jepretan fotografer-fotografer dari Associated Press yang kami sadur dari Huffington Post.

Selamat menikmati.

Melilla, Spain

Bukber Spain

Buka puasa bersama keluarga pengungsi dari Syria. Mereka tinggal di Pusat Penampungan Imigran – Melilla, Spanyol. Sebelum sampai di sini, keluarga yang berasal dari Aleppo, Syria ini sempat berpindah-pindah dari Turki, Mesir, Al Jazair hingga ke Maroko.

Baghdad, Iraq

Bukber Iraq

Hidangan khas timur tengah lengkap dengan jus buah aprikot.

Khartoum, Sudan

Bukber Sudan

Mempertahankan tradisi sejak zaman Rasulullah SAW, berbuka puasa dengan buah kurma dan air putih.

Gaza, Palestina

Bukber Gaza

Pengunsi Gaza yang tetap semangat menjalankan ibadah puasa meskipun tinggal di pengungsian yang notabene merupakan tanah kelahiran mereka sendiri.

Beijing, China

Bukber China

Muslimah dari Masjid Niujie, Beijing mempersiapkan hidangan berbuka puasa, didominasi oleh makanan yang manis lengkap dengan buah semangka yang segar.

Tehran, Iran

Bukber Iran

Makan besar. Hidangan khas Timur Tengah.

Istanbul, Turki

Bukber Turki

Ini yang paling seru. Berbuka puasa bareng keluarga di pelataran Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki. Siapkan hidangan dari rumah lalu sajikan di atas karpet yang digelar di atas rumput pelataran masjid. Buka puasa pun makin seru bareng keluarga-keluarga lain yang hadir di sini.

Kano, Nigeria

Bukber Nigeria

Berbuka puasa bersama itu tetap yang terpenting adalah kebersamaannya. Utamakan kesederhanaan, karena pada dasarnya berpuasa adalah membangkitkan empati kita terhadap saudara kita yang hidupnya kurang beruntung.

Sanaa, Yaman

Bukber Yaman

Nasi mandi berasal dari negara ini. Menjadi hidangan buka puasa yang sangat menggugah selera.

Casablanca, Maroko

Bukber Maroko

Diawali dengan kurma kering, lalu roti manis hingga sambosa. Hidangan otentik khas Maroko ini menjadi pemersatu keluarga saat waktu berbuka puasa tiba.

Georgia, Amerika Serikat

Bukber AS

Puasa Ramadhan adalah momentum yang paling tepat untuk bernostalgia akan masa-masa indah di kampung halaman. Seperti keluarga yang tinggal di Georgia, Amerika Serikat ini, makanan khas kampung halaman menjadi menu utama untuk berbuka puasa.

Kabul, Afghanistan

Bukber Afghanistan

Selain mendekatkan kita kepada Allah SWT, puasa Ramadhan juga semakin mendekatkan tali persaudaraan muslim.

Tunis, Tunisia

Bukber Tunisia

Brik adalah hidangan berbuka puasa khas dari Tunisia. Kudapan tradisional ini terbuat dari kulit pastry berisi berbagai macam isian seperti telur, daging, tuna dan keju yang dibungkus membentuk segitiga lalu digoreng dengan minyak panas hingga renyah. Selanjutnya sup lablabi menjadi hidangan makan besar yang paling digemari. Adalah sup ayam berkuah kental dengan bumbu bawang putih dan jinten.

Nairobi, Kenya

Bukber Kenya

Kurma, buah-buahan dan roti maryam adalah kombinasi ciamik hidangan berbuka puasa.

Sidney, Australia

Bukber Australia

Kurma, jus dan salad buah semakin mempererat keluarga kecil yang tinggal di Sidney, Australia ini.

Kuala Lumpur, Malaysia

Bukber Malaysia

 

Coba perhatikan. Hidangannya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Jakarta, Indonesia

Bukber Jakarta

Sepertinya kami tidak perlu menjelaskan keluarga ini berasal dari mana ya. Dari jenis hidangannya pun sepertinya Kamu sudah sangat paham kalau risol dan lontong ini hidangan berbuka puasa khas Betawi.

Bagaimana? Semakin semangat menyambut datangnya bulan suci ini, kan?

Tags:

Reply