#JePorteMaJupe CommeJeVeux Aku Memakai Rokku Ini Karena Aku Suka

Di Eropa sana, tepatnya Perancis ternyata sedang ada berita yang heboh. Kehebohan ini sempat menjadi trending topik twitter juga di sana. Coba deh, kamu cek hashtag ini #JePorteMaJupeCommeJeVeux, kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia seperti ini, “Aku Memakai Rokku Ini Karena Aku Suka”.

Usut punya usut, beginilah ceritanya. Akhir bulan April kemarin ada seorang gadis pelajar yang dilarang masuk sekolah dikarenakan ia memakai rok panjang. Gadis cantik yang bernama Sarah ini adalah siswi salah satu sekolah di Charleville-Mezieres, Perancis. Pihak sekolah melarangnya dengan alasan rok panjang tersebut terlalu religius. Menurut mereka rok tersebut dapat mengundang provokasi (Yaelah plis deeh..).

OK! Coba deh ini kita lihat foto Sarah dengan rok panjangnya:

Rok Sarah

Sebelah mana yang bisa mengundang provokasi? Tidak ada yang spesial dari rok panjangnya Sarah ini. Hanya rok hitam polos biasa saja. Padahal katanya Perancis itu negara pusat mode dunia. Huh! Bandingin sama rok mini atau celana gemes (hehe), mana yang (lebih) provokatif?

Kabarnya, sejak tahun 2004 Perancis menerbitkan undang-undang yang mengatur sekuleritas di sekolah. Yang isinya melarang penggunaan simbol-simbol agama di sekolah-sekolah. Dan dengan terpaksa sebenarnya Sarah telah mematuhi aturan itu ketika ia harus melepaskan kerudungnya saat masuk sekolah. Namun saat ia diminta untuk pulang mengganti rok panjangnya dengan rok yang ‘netral’, Ayahnya melarang ia kembali ke sekolah.

Akhirnya sejak saat itu, cerita ini mengundang kemarahan dan kritik dari dunia internasional. Netizen di Perancis dengan gencarnya berkicau menggunakan hashtag #JePorteMaJupeCommeJeVeux. Dan semakin meluas penggunaanya hingga kini mencapai hampir 50 ribu kali tweet. Mari, kita ikut ramaikan!

Source: France 24

Reply