Quran Indonesia Project: Berbagi Nilai Al Quran di Dunia Maya

Menyambut bulan suci Ramadhan ini, angin segar berhembus dari ibukota Jakarta. Sekelompok pemuda-pemudi bersama-sama membentuk sebuah gerakan bernama Quran Indonesia Project. Proyek ini merupakan inisiatif yang keren. Memanfaatkan media internet yang kini sudah menjadi milik sejuta umat untuk membagikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran. Mencoba memberikan kemudahan akses terhadap Al Quran melalui teknologi modern yang dekat dengan keseharian mobilitas generasi produktif yang dinamis. Melaui quranindonesiaproject.com mereka membagikan secara gratis rekaman audio bacaan ayat Al Quran beserta terjemahannya.

Yang paling menarik dari proyek ini adalah ayat-ayat Al Quran tersebut dibacakan oleh figur-figur yang tentunya sudah sangat Kamu kenal. Bukan, mereka bukan qori ternama, dai ataupun ustadz-ustadz yang sekarang lagi banyak wara-wiri di stasiun TV. Melainkan figur-figur dari kalangan penyanyi, aktor, grup band, aktivis, penulis hingga comic (stand up comedian). Menarik kan? Ya kali, Kamu ga tertarik untuk dengar Raisa ngaji Ayat Kursi? Atau Kamu cewek-cewek ingin tahu rasanya diimamin Afgan? Kamu bisa ngebayangin itu pas denger Afgan ngaji Surat Al Fatihah di sini. Juga ada Tulus yang membawakan Gajah versi Al Quran (Surat Al Fiil maksudnya hehe..). Tidak ketinggalan, si cantik Puteri Indonesia 2008, Zivanna Letisha juga nimbrung di sini. Total keseluruhan ada 130 kontributor yang nimbrung di proyek ini.

qidp-mockup

“Semua kontributor masih dalam taraf belajar. Agar tajwidnya benar, proses rekaman selalu didampingi guru ngaji, Drs. H. Uci Armisi, Pimpinan Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Al Quran Madani,” tambah Pasha Chrismansyah, koproduser proyek ini.

qidp-afgan2

Setelah itu kamu bakal dibikin makin cinta lagi dengan Al Quran karena mereka juga lanjut baca terjemahannya. Selain terjemahan dalam bahasa Indonesia, mereka juga fasih membacakan terjemahan dalam bahasa Inggris. Sesuai dengan misi proyek ini, Al Quran untuk semua, Al Quran menembus jarak waktu.

“Kita berharap, rekaman audio Quran Indonesia Project dapat membantu lebih banyak generasi produktif untuk lebih mudah memahami Al Quran dan terjemahannya. Terutama di tengah era mobilitas yang tinggi dan serba sibuk ini,” ujar Archie Wirija, inisiator dan produser di balik Quran Indonesia Project pada peluncurannya di DGallerie Barito, Jakarta Selatan.

qidp-tulus

Sejalan dengan taglinenya, sebarkan walau satu ayat, rekaman audio Quran Indonesia Project dapat diunduh secara gratis mulai 1 Juni kemarin di situs QuranIndonesiaProject.com dengan mengikuti petunjuk yang disediakan.

Tags:

Reply