Simple Positive Thinking

Adakah sesuatu yang sedang menginspirasi Kamu? Sesunguhnya ada banyak hal yang dapat memberikan inspirasi untuk kita yang mau berpikir. Inspirasi bisa datang saat melihat orang lain menggapai hal-hal besar atau menyaksikan orang lain dalam mengatasi kesulitan. Bahkan keindahan alam saja seharusnya menginspirasi kita untuk ingat betapa beruntungnya masih hidup. Atau yang paling sederhana, organ-organ di dalam tubuh kita yang senantiasa bergerak sepanjang jiwa bersemayam dalam raga adalah sumber inspirasi.

Menerawang lebih jauh lagi, bumi yang kita pijak ini sejatinya hanyalah satu titik biru kecil yang mengitari sebuah bintang raksasa. Padahal di dalam galaksi terdapat lebih dari 200 miliyar bintang. Teramat mudahnya kita melupakan hidup yang sangat istimewa ini. Lupa bahwa hidup adalah anugerah terbesar yang tercipta hanya karena terlena oleh buaian hidup yang memang melenakan. Kita cenderung lupa bahwa suatu saat kehidupan kita akan berakhir. Bagi siapapun, teruntuk yang berTuhan ataupun tidak, semuanya akan binasa.

Galaksi

Penerawangan tadi adalah sumber inspirasi, menyadarkan kita tentang keberadaan diri yang super maha kecil. Tak pantas berpangku tangan memandang rendah kepada yang berada di bawah kita, pun sebaliknya tak bagus bermuram durja memikirkan kekerdilan kita di antara alam semesta.

Memiliki pandangan positif tentang kehidupan adalah bagian penting untuk menemukan inspirasi. Selalu sinis pada kehidupan, maka kita hanya menunggu menjadi seorang ‘pecundang zaman’. Kita tidak bisa menunggu hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita berubah dengan sendirinya menjadi sesuatu yang disenangi tanpa melakukan pergerakan.

Berpikir positif tentang kehidupan akan membawa kita pada perasaan suka cita. Tentu saja, ada kalanya sulit untuk menemukan jalan keluar dari stuck-nya pikiran. Dengan suka cita segalanya akan lebih mudah. Orang bijak mengatakan, jika kita buntu pada sebuah keadaan, maka keluarlah dari gelas yang terisi oleh air seolah kita tenggalam di dalamnya. Karena jika kita keluar dari gelas itu, dari luar sana akan tampak jelas, bahwa sesungguhnya air di dalam gelas itu hanyalah terisi setengahnya, atau malah tidak seberapa dari tingginya gelas.

Reply