The Beautiful Names of Allah Exhibition

Nama aslinya sih begitu, akan tetapi orang Indonesia lebih mengenalnya dengan nama Museum Asmaul Husna. Biasalah, orang Indonesia itu suka seenaknya ngasih nama. Bair gampaang nyebutnya, begitu katanya. Kalau dilihat dari namanya sih ini sebenarnya bukan museum, pameran lebih tepatnya. Namanya aja exhibition, kata dalam bahasa Inggris yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia ya pameran.

Pameran ini merupakan proyek kreatif dari sebuah perusahaan periklanan bernama Samaya Holding dari Arab Saudi. Samaya Holding memiliki beberapa anak perusahaan yang mengkhususkan diri pada solusi kebutuhan periklanan, pameran, digital printing dan segala yang berkaitan dengan promosi. Istilahnya mereka ini memamerkan keunggulan-keunggulan produk yang mereka punya melalui pameran The Beautiful Names of Allah ini. Cakep deh pokoknya konsep marketingnya. Tidak hanya di Madinah, The Beautiful Names of Allah Exhibition juga hadir di Riyadh dan Jeddah. Kami akan menceritakan pameran yang ada di Madinah.

Di Madinah, The Beautiful Names of Allah Exhibition berlokasi di sebelah kanan Masjid Nabawi, tepatnya di seberang kanannya Hotel Movenpick. Gedungnya hanya satu lantai, namun sangat luas untuk sebuah pameran 99 Nama Allah. Untuk masuk tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Sesuai dengan namanya, pameran ini akan mengajak kamu mendalami makna yang terkandung pada nama-nama Allah SWT. Nama-nama Allah ditampilkan penuh dalam neon sign raksasa yang sekaligus menjadi dinding penyekat. Penjabaran masing-masing nama Allah tersebut tertulis dalam bahasa Arab dan Inggris. Pameran ini selalu ramai pengunjung di waktu-waktu setelah sholat lima waktu.

Museum Asmaul Husna

Saat memasuki pameran ini kamu akan langsung disapa oleh beberapa reception berpakaian resmi khas Arab Saudi. Salah satu diantaranya mahir berbahasa Indonesia. Melihat kamu pasti dia akan langsung mempersilakan masuk dengan bahasa Indonesia. Di area pertama kamu akan takjub karena langsung disuguhi oleh simulasi tata surya seperti di planetarium. Replika matahari berukuran besar lengkap dengan planet-planetnya dibuat dengan perbandingan yang sesuai dengan aslinya.

Setelah itu, nama-nama Allah dijabarkan melalui foto-foto raksasa yang menggambarkan kebesaranNya. Terdapat foto janin di dalam kandungan yang bercerita tentang Al-Khaaliq. Lalu ada Ar Raziiq yang diceritakan dalam foto seekor burung kecil yang sedang menangkap ikan. Al Hasiib yang digambarkan dengan panasnya lahar gunung berapi. Hingga Al Aziiz yang diceritakan dalam foto tsunami.

Di akhir pameran kamu akan masuk ke dalam Panoramic Display Hall. Di ruangan berukuran 10 x 5 meter ini kamu akan disuguhi video singkat mengenai kebesaran Allah SWT melalui dinding layar besar yang dibangun dari beberapa TV LCD 42”. Video ini menggambarkan betapa luasnya alam raya. Gambaran jamaah yang sedang sholat di Masjid Nabawi, yang kemudian kameranya ditarik ribuan kilometer ke atas menuju alam raya.

Panoramic Hall

That’s it, demikian japan-jalan kita kali ini. So, nanti kalau kapan-kapan Umroh jangan lupa mampir ke The Beautiful Names of Allah Exhibition ini ya. Semoga dengan mengunjungi pameran ini, kadar keimanan kita jadi meningkat drastis. Jangan lupa juga doain kita pas Umroh ya. Lebih OK lagi sih kalo Umrohnya ngajak-ngajak kita.

Reply